Selasa, 16 Agustus 2016

INDONESIA 71 #RI71

gambar credit to tumblr. w cuma nambahin tulisan 

MERDEKA INDONESIAKU! 

udah Tujuh Puluh Satu tahun negara ini 'merdeka'. Kalau merdeka yang dimaksud itu membaca naskah proklamasi kita udah 'merdeka' dari 71 tahun yang lalu. Tapi nyata nya enggak. 

Kita masih belum merdeka

Kita masih belum merdeka dari sampah. Kita masih belum merdeka dari kemiskinan, Kita masih belum merdeka dari rendahnya pendidikan. Kita masih belum merdeka dari diskriminasi pada anak. Kita masih belum merdeka dari pelecehan seksual pada anak dan perempuan. Kita belum sepenuhnya merdeka,bung! 




Liat? Sekarang gue tanya, layak gak mereka tinggal disitu? Enggak. Sama sekali enggak. Bagaimana pun mereka juga manusia. Mereka juga berhak hidup kayak kita. I bet u guys dirumah pasti punya kasur. Enak kan tidur di kasur? Pernah gak nge bayangin kayak mereka? Tanyain gue? tbh, dari ngeliat nya aja gue udah jijik. Tapi itu kenyataan yang terjadi di Indonesia. miris. 



Kesian. Kata pertama yang gue liat dari foto ini. Theyre just a child,guys! They shouldnt be there searching for money. Mereka harus nya sekolah. Mereka harus nya dapet pendidikan yang layak. Mereka harusnya sekarang baca buku buat ulangan besok. Tapi apa? buat makan aja mereka susah. 


Makin miris lagi gue. Mungkin gue masih beruntung. Sekolah gue lagi renovasi. Tapi gue bisa numpang di sekolah lain. Even jauh banget, at least gue bisa sekolah. 

Gue salut sama adek adek ini. Mereka masih mau sekolah walaupun sekolahnya kayak gitu. Gue aja kadang kadang mager. Apalagi sekolah siang terus jauh. Males bener. PR kalau males juga ngerjain nya yang gue bisa aja. Sisa nya nyalin punya temen. Giliran MTK sama IPA buku gue yang disalin *starts crying rn 

Ada berita yang bikin gue ngeri,ngilu,takut,cemas,khawatir, semuanya dicampur jadi satu. Pembunuhan Yuyun dan Eno Fariah. Bener bener deh. Pembunuhnya gak punya otak. Atau emang gak punya.

Kesel?iya,kesel. Gue sama sama perempuan. Gue sama sama anak baru gede.  Gue ga terima kalau pembunuhnya dihukum gitu aja. Harus dihukum mati. 

Akhirnya gue lega. Even hukuman mati cuma dijatuhkan buat lima tersangka yang udah diatas 17 tahun. At least, orang--or should i say binatang? karena mereka sama sekali ga punya otak dan hati nurani-- at least orang semacem mereka berkurang. 

Gue apasih. Cuma bocah 12 tahun yang berani ngebacot di blog. Tapi ayolah bapak presiden, ibu bapak mentri. Pejabat apapun di pemerintahan sana. Merdekakan Indonesia ini dari segala permasalahan sosial di negeri ini. Jangan asik ngtungin duit korupsi tanpa rasa bersalah kek nilepin duit kembalian emak, 


Lots of love, 

Clarissa. 

1 komentar: